Waw, Konsumsi Keju Tiap Hari Ternyata Bikin Jantungmu Makin Sehat! - Jantung Sehat

Sunday, April 15, 2018

Waw, Konsumsi Keju Tiap Hari Ternyata Bikin Jantungmu Makin Sehat!

Konsumsi Keju Tiap Hari Bikin Jantung Makin Sehat - Sama seperti penyakit lainnya, ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit jantung. Hal ini tentu tidak terlepas dari kandungan yang ada didalam makanan tersebut yang dapat memicu serangan jantung.

Konsumsi Keju Tiap Hari Ternyata Bikin Jantungmu Makin Sehat

Dibalik fakta itu semua, ada salah satu bahan makanan yang ternyata ramah untuk jantung. Seperti diungkapkan oleh salah satu peneliti yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition ditemukan bahwa makan sedikit keju setiap hari dapat mengurangi risiko mengembangkan penyakit jantung dan serangan stroke.

Keju serta produk olahan susu lainnya mengandung kadar lemak jenuh tinggi yang berhubungan erat dengan tingginya risiko kolesterol tinggi, aterosclerosis, dan penyakit jantung. Namun, dibalik itu semua keju juga potensi manfaat kesehatan seperti kandungan kalsium, protein, dan probiotik yang cukup tinggi.

Peneliti yang berasal dari Tiongkok dan Belanda mengombinasikan data observasi dari 15 penelitian yang dilakukan dengan cara melibatkan 200 ribu orang. Para peneliti tersebut berhasil menemukan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi keju mengalami penurunan 14% mengalami penyakit jantung koroner dan menurunkan 10% risiko serangan stroke dibanding mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah memakan keju.

Yang perlu dicatat adalah, manfaat ini tidak berlaku untuk kebiasaan mengonsumsi keju dalam jumlah banyak atau porsi yang besar. Semakin banyak atau terlalu banyak makan keju justru dapat meningkatkan risiko kegemukan dan penyaki berbahaya lainnnya.

Simak artikel ini: Benarkah Rutin Konsumsi Kurma Baik untuk Kesehatan Jantung?

Dengan demikian, jika Anda menderita penyakit jantung dan ingin mendapatkan manfaat sehat dari keju, ada baiknya Anda membatasi konsumsi keju dan mengontrol makanan berlemak lainnya yang memang tidak baik untuk kesehatan jantung dan dapat memicu kegemukan.