Awas! 4 Gejala Ini Bisa Jadi Pertanda Anda Terkena Serangan Jantung - Jantung Sehat

Sunday, April 15, 2018

Awas! 4 Gejala Ini Bisa Jadi Pertanda Anda Terkena Serangan Jantung

Gejala Serangan Jantung - Tahukah Anda bahwa seseorang yang menginjak usia 20 hingga 30 tahunan saat ini dapat mudah terkena serangan jantung? Faktanya, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkenan penyakit jantung.

4 Gejala Ini Bisa Jadi Pertanda Anda Terkena Serangan Jantung

Bahkan, belakangan makin tinggi angka jumlah orang yang terkena serangan jantung. Itu artinya, kita harus tetap waspada karena tidak ada yang bisa menjamin seseorang tak bisa terkena penyakit mematikan ini.

Dilansir dari thehealthsite.com, seorang kardiolog bernama Dr. Vijay Surase memaparkan bahwa dalam sejumlah kasus, wanita tak memperlihatkan gejala-gejala serangan jantung umum seperti rasa sakit yang amat sangat dibagian dada, tetapi justru gejala seperti rasa tak nyaman dan lemah lesu.

Itu sebabnya, banyak wanita yang kurang waspada dengan sinyal-sinyal tubuhnya yang sebenarnya mengarah pada serangan jantung. Nah, agar kita lebih waspada terhadap kesehatan kita, berikut gejala-gejala serangan jantung yang perlu diwaspadai. 

Sering Merasa Tak Nyaman dan Gelisah

Gejala ini biasanya muncul seperti jantung terasa seperti diremas, dada terasa penuh atau dada bagian tengah merasa sakit atau tertekan. Meskipun rasa sakitnya datang sesekali saja, namun intensitasnya bisa berangsur ringan hingga sakit sekali.

Terasa Sakit Pada Bagian Tubuh Atas

Sakit di bagian dada pada umumnya dialami oleh pria dan wanita. Namun, wanita akan ada rasa sakit dan tak nyaman dibagian tubuh lain. Rasa sakit bisa muncul di kedua lengan, leher, perut, punggung, dan bagian rahang.

Terasa Sulit untuk Bernafas

Gejala umum lainnya yang mengarah pada serangan jantung adalah napas yang pendek-pendek yang juga menjadi gejala umum pada wanita. Pada sejumlah kasus yang diteliti oleh pakar kardiologi disebutkan bahwa gejala ini biasanya diikuti dengan rasa tak nyaman dibagian dada atas.

Gejala Lain yang Perlu Diwaspadai

Pada sejumlah kasus, gejala serangan jantung juga bisa muncul dengan gejala lain seperti rasa mual yang tak tertahankan hingga ingin muntah, serta keluar keringat dingin.

Gejala penyakit jantung memang bisa berbeda-beda dari keempat gejala diatas. Terlebih, jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya anda harus berhati-hati dengan keempat gejala tersebut diatas. 

Meski demikian, bagi Anda yang tak memiliki riwayat penyakit jantung juga tetap perlu berhati-hati. Risiko serangan jantung memang bisa menyerang siapa saja. Salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan jantung kita adalah mengontrol pola hidup sehari-hari. Rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bervitamin, hindari rokok, minuman beralkohol serta istirahat dengan cukup juga dapat menjamin kesehatan jantung kita.