Awas! 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Jantung Tak Sehat dan Berdetak Tak Beraturan - Jantung Sehat

Saturday, April 14, 2018

Awas! 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Jantung Tak Sehat dan Berdetak Tak Beraturan

5 Hal ini Bisa Sebabkan Jantung Tak Sehat - Jantung adalah organ tubuh paling penting dalam tubuh kita. Ia tidak pernah berhenti bekerja dan tidak pernah beristirahat sedetik saja. Sebab, ia berhenti berdetak, maka itulah akhir hidupmu. Itu sebabnya, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting untuk kamu lakukan.

5 Hal Ini Bisa Sebabkan Jantung Tak Sehat dan Berdetak Tak Beraturan

Pun demikian dengan detak jantung. Bukan berarti ketika jantungmu tetap berdenyut, maka kamu sehat dan akan terus hidup. Sebab, seberapa cepat denyut jantungmu ternyata juga mengindikasikan seberapa sehat tubuhmu.

Perlu diketahui juga, semakin cepat detak jantungmu maka semakin tak sehat. Berikut beberapa penyebab jantungmu berdetak lebih cepat dan tak beraturan.

Kekurangan Cairan (Dehidrasi)

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat memicu tekanan darah menurun dan tidak seimbangnya elektrolit tubuh bisa membuat jantung bekerja lebih cepat atau berdebar tak berirama. Untuk mengatasi hal ini sangatlah mudah, cukup penuhi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh dengan baik setiap harinya.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Minuman Berkafein

Seperti dikatakan oleh Laxmi Mehta, M.D, direktur Woman's Cardiovascular Health Program di Ohio State University Wexner Medical Center, setiap minuman yang mengandung kafein akan menyebabkan ritme debaran jantung tidak normal. Kurangilah konsumsi kopi agar detak jantung Anda tetap stabil dan hidup Anda menjadi lebih lama karena kesehatan jantung tetap terjaga.

Stres Berlebih

Masih menurut Dokter Laxmi Mehta, stres juga dapat memicu percepatan debaran jantung. Tubuh yang penuh tekanan dan pikiran memicu mekanisme pertahanan tubuh sehingga meningkatkan rasa cemas.

Agar tubuh kembali rileks, lakukan latihan pernafasan. Bernafaslah yang dalam dan lakukan latikan relaksasi. Anda juga bisa melakukan senam yoga untuk mengatur kecemasan dan menghilangkan rasa stres berlebih pada diri Anda.

Sakit Asam Lambung atau Maag

Seseorang yang menderita maag atau asam lambung tinggi akan sering mengalami percepatan detak jantung. Ini disebabkan karena letak esofagus yang dekat dengan jantung, membuat area sekitar jantung iritasi.

Terlalu Banyak Makan

Anda mungkin sering kali lupa saat sedang makan enak dan terus mengunyahnya hingga perut benar-benar terasa penuh. Bukan hanya kekenyangan, efek buruk dari terlalu banyak makan juga bisa berakibat fatal karena memicu percepatan detak jantung yang tak berirama.

Makanan yang kita konsumsi dapat membuat perut menjadi melar, apalagi jika makanan yang kita konsumsi mengandung lemak tinggi, dapat memicu detak jantung tak sehat. Hal ini karena jantung harus bekerja melakukan pembakaran energi untuk membantu proses pencernaan.

Nah itulah 5 penyebab yang dapat membuat jantung tidak sehat karena berdetak lebih cepat dari biasanya. Hindarilah hal diatas dan mulailah untuk lebih perhatian dengan jantung Anda agar hidup Anda lebih sehat dan lebih lama.