Jantung Sering Berdetak Tak Beraturan dan Dada Terasa Sakit? Ternyata Ini Tandanya! - Jantung Sehat

Thursday, April 26, 2018

Jantung Sering Berdetak Tak Beraturan dan Dada Terasa Sakit? Ternyata Ini Tandanya!

Segala hal yang berkaitan dengan penyakit jantung memang mengerikan. Siapa saja yang mendengarnya pasti merasa takut dengan hal-hal negatif yang terjadi karena serangan jantung. Faktanya, tidak hanya jantung koroner atau gagal jantung saja yang harus kita waspadai. Ada beberapa jenis penyakit dari jantung yang juga perlu kita ketahui dan tetap waspada, salah satunya penyakit Aritmia.

Jantung Sering Berdetak Tak Beraturan dan Terasa Sakit

Aritmia dapat membuat seseorang mati secara mendadak. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Dicky Armein Hanafy, SpJP (K), FIHA, Ketua Indonesia Heart Rhythm Society Meeting (InaaHRS) beberapa waktu lalu.

Menurutnya, aritmia dapat terjadi pada semua usia seseorang, mulai dari usia bayi hingga mereka yang sudah lanjut usia. Penyakit aritmia juga memiliki gejala yang sama dan cukup menonjol, diantaranya jantung sering berdebar tak beraturan dan terasa sakit.

Ia mengatakan, "Setidaknya 41 persen pasien yang mengeluh berdebar, mereka terbukti memiliki aritmia. Berdebar ini adalah salah satu gejala aritmia yang paling sering membuat pasien berobat ke dokter spesialis jantung," ujar dia dalam Press Conference Aritmia di Indonesia, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, penyakit aritmia dapat dibedakan menjadi dua golongan, yakni bradiaritmia yang juga disebut dengan laju jantung terlalu lambat, yakni kurang dari 60 kali per menit (kpm), serta takiaritmia atau lanju jantung terlalu cepat, yakni lebih dari 100 kali per menit (kpm).

Baca Juga: Awas! 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Jantung Tak Sehat dan Berdetak Tak Beraturan!

Berdebar pada penyakit ini, tak hanya terbatas pada denyut jantung yang cepat atau lambat saja. Si penderita biasanya akan mulai mengeluh karena denyut jantung tidak beraturan, terasa lebih kencang atau kuat, ada jeda, bahkan sering terasa sakit di dada. 

Selain debar jantung yang tak berirama, gejala lain yang ditimbulkan oleh penyakit aritmia adalah sering terasa pusing, pingsan, stroke, dan yang lebih mengerikan lagi pasien dapat meninggal secara mendadak.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Kuat

Selain itu, ada pula gejala yang tidak khas dari aritmia, yakni penderita merasa lesu. Nah, jika Anda sering mengalami gejala-gejala diatas, untuk mengantisi hal-hal yang tidak kita inginkan dan menjaga kesehatan, alangkah baiknya Anda segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi tentang kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!.