Ingin Jantung Anda Tetap Sehat? Ternyata Mudah Kok Caranya, Simak Disini! - Jantung Sehat

Thursday, April 26, 2018

Ingin Jantung Anda Tetap Sehat? Ternyata Mudah Kok Caranya, Simak Disini!

Jantung adalah organ tubuh paling penting bagi tubuh kita. Saat jantung berhenti berdetak, maka itulah akhir hidup kita didunia ini. Kesehatannya perlu dijaga dan dirawat sedemikian rupa agar dapat membantu kita hidup lebih lama dalam kondisi yang sehat. Semakin sehat jantung, maka semakin nikmat hidup ini karena kita dapat melakukan aktivitas apa saja serta menjadi lebih mudah.

Ingin Jantung Anda Tetap Sehat

Hingga saat ini, sakit jantung adalah sakit yang paling mematikan dan berbahaya di dunia. Dalam setiap tahunnya, korban penyakit jantung terus bertambah. Bukan cuma orang yang sudah lanjut usia, risiko terkena serangan jantung juga dapat mengancam siapa saja, termasuk Anda yang masih muda.

Risiko ini dapat terjadi karena malas dan kurang pengetahuan seseorang tentang pola makan dan hidup yang tidak sehat serta sering menganggap olahraga itu tidak penting atau hanya sepele. Padahal, seperti dikutip dari laman mirror.co.uk, risiko terkena serangan jantung dapat diatasi dengan mengatur pola hidup sehat dan olahraga yang cukup setiap harinya.

Berjalan kaki minimal selama 22 menit setiap hari dipercaya dapat menurunkan risiko jantung. Menurut para peneliti, berjalan kaki adalah olahraga yang sangat mudah dan sederhana yang bisa mencegah dan mengatasi risiko jantung.

Penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Sport Medicine berhasil menemukan bahwa memiliki olahraga jalan kaki atau juga lari paling sedikitnya selama 22 menit yang dilakukan rutin tiap hari dapat membantu mengatasi risiko jantung hingga 50 persen.

Simak juga: 3 Olahraga Fitnes yang Cocok untuk Penderita Jantung

Bahkan, tak hanya mencegah risiko jantung saja, aktivitas sehat ini jika dilakukan secara rutin juga bisa mengatasi berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes, obesitas, kanker, hingga penyakit stroke.

Seperti diungkapkan oleh dokter ahli jantung dari RS. Lister di Stevenage, Herts yakni Dr Aseem Malhotra mengatakan, "Menekan risiko jantung dapat dilakukan dengan cara berjalan kaki atau berlari. Selama beberapa dekade, jalan kaki terbukti menurunkan kadar lemak dalam tubuh, membunuh sel jahat penyebab serangan jantung serta membantu tubuh menjadi lebih sehat. Jalan kaki juga baik dalam melancarkan peredaran darah".

Selain berjalan kaki minimal 22 menit, para ahli juga sepakat dengan menyarankan agar kita mengonsumsi buah, sayur, makanan rendah lemak guna mencegah risiko jantung usia dini. Jagalah pikiran tetap bahagia, nyaman, dan hindari stres berlebih juga penting untuk menjaga diri kita dari risiko jantung serta berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya yang telah mengintai tubuh kita.

Nah, kalau sudah mengetahui informasi ini, apakah Anda masih menganggap remeh dengan jalan kaki? Atau justru Anda genggi dengan berjalan kaki? Lebih baik tubuh tetap sehat dan terhindari dari penyakit jantung daripada harus menjaga gengsi bukan? Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.