Benarkah Rutin Mengonsumsi Kurma Baik untuk Kesehatan Jantung? - Jantung Sehat

Saturday, April 7, 2018

Benarkah Rutin Mengonsumsi Kurma Baik untuk Kesehatan Jantung?

Benarkah Rutin Mengonsumsi Kurma Baik untuk Kesehatan Jantung - Kesehatan jantung perlu dijaga. Dua hal pokok dalam kehidupan yang dapat mempengaruhi jantung sehat adalah gaya hidup serta makanan yang kita konsumsi setiap hari. 

Kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, malas olahraga, juga dapat memicu buruknya kesehatan jantung kita. Begitu pula dengan makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Benarkah Rutin Mengonsumsi Kurma Baik untuk Kesehatan Jantung


Sesibuk apapun, usahakanlah makanan yang sehat dan lebih baik dimasak sendiri. Dengan demikian, kita dapat memilih bahan makanan yang lebih segar dan tentunya sesuai selera kita. Hindarilah makanan cepat saji. Selain kurang baik, makanan cepat saji diklaim kurang baik untuk jantung. 

Jika ingin jantung Anda tetap sehat, usahakanlah rajin berolahraga dan makan buah-buahan. Salah satunya adalah kurma. Buah kurma mengandung nutrisi yang dipercaya bisa mencegah berbagai risiko penyakit, salah satunya adalah risiko serangan jantung.

Lantas, benarkah rutin mengonsumsi kurma baik untuk kesehatan jantung? Dikutip dari laman boldsky.com, nutrisi serta vitamin yang ada didalam buah kurma ternyata sangat baik untuk menjaga jantung serta organ tubuh lainnya tetap sehat.

Tak ramah pada jantung, kurma juga dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, seperti anemia, kanker, sembelit, meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh serta menstabilkan kadar gula dan juga kolesterol dalam tubuh.

Masih menurut sumber tersebut, mengonsumsi maksimal 3 butir buah kurma setiap hari baik di waktu pagi maupun sore hari merupakan cara terbaik untuk mencegah risiko serangan jantung. Dalam 100 gram kurma, terdapat 0.90 gram zat besi dan 11 persen nutrisi sehat yang banyak direkomendasikan untuk kesehatan tubuh. 

Menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan nutrisi kurma juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Untuk menjaga kesehatan jantung, buah kurma bisa dikonsumsi secara langsung atau dijadikan minuman dalam bentuk jus. 

Melihat pentingnya manfaat ini, maka tidak ada salahnya Anda rutin untuk mengonsumsi kurma setiap harinya jika ingin jantung Anda tetap sehat. Meski demikian, hal ini perlu ditunjang dengan pengaturan gaya hidup serta pola makan setiap harinya. Hindarilah makanan-makanan cepat saji, sering mengonsumsi sayur dan buah, hindari merokok, dan minuman beralkohol. Semoga bermanfaat.