Selain Sehat untuk Jantung, Ini 7 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan - Jantung Sehat

Wednesday, May 2, 2018

Selain Sehat untuk Jantung, Ini 7 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan

Manfaat Puasa untuk Kesehatan - Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, tahukah Anda jika puasa memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan, terutama pada jantung kita. Ya, jantung adalah organ paling penting dalam tubuh. Sehingga wajib dijaga dan dirawat agar tetap dapat bekerja maksimal sepanjang hari.

Ini 7 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan

Berbicara soal puasa ramadhan, sering kali orang berfikir bahwa puasa hanya memberikan efek lapar dan haus, dan pastinya lemas karena tak makan dan minum. Berbagai iklan yang ditayangkan sering kali menawarkan berbagai jenis produk suplemen untuk menambah tenaga saat menjankan ibadah puasa.

Manfaat puasa, terutama puasa ramadhan banyak sekali. Maka tak heran jika Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW mewajibkan kepada kita semua untuk berpuasa. Dibalik puasa, tubuh kita akan mengalami regenerasi dan perbaikan kembali dari dalam dengan bantuan puasa, terutama bagi Anda yang yang mengidap kadar gula darah tinggi.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan dan Jantung

Nah, sebenarnya, apa saja sih manfaat dari puasa untuk jantung dan kesehatan tubuh kita? Yuk simak informasi kesehatan dibawah ini untuk menambah informasi kita.

Manfaat Puasa Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat puasa disebut juga metode non-obat untuk mengurangi tekanan darah, sehingga menurunkan risiko aterosklerosis. Lantas, apakah yang dimaksud aterosklerosis? Ini adalah kondisi dimana terjadi penyempitan dan pengerasan di dalam pembuluh darah arteri akibat pengendapan kolesterol dan zat-zat lemak lainnya. 

Selama puasa hormon tubuh seperti adrenalin dan noradrenalin akan berkurang. Maka metabolisme bisa dijaga kestabilannya. Tekanan darah bisa ikut berkurang dan stabil. Kesehatan jantung Anda pun akan ikut terjaga.

Manfaat Puasa Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak

Saat sedang menjalankan ibadah puasa, tubuh akan memproduksi hormon neurotropik dalam jumlah lebih banyak. Efek sampingnya, sel-sel pada otak akan lebih banyak diproduksi sehingga kinerja pada otak semakin baik dan kuat. 

Bahkan, tingkat stres pun bisa berkurang karena jumlah hormon kortisol yang dihasilkan oleh tubuh semakin sedikit. 

Manfaat Puasa Dapat Membuat Sistem Pencernaan Lebih Sehat

Janga lupa, niatkan ibadah puasa Anda demi mendapatkan ridho Allah, maka dengan demikian secara tidak langsung tubuh kita akan mengondisikan untuk tetap berfungsi dengan baik. Di balik rasa lapar dan haus yang kita rasakan selama berpuasa, sistem pencernaan justru bisa lebih sehat dan efisien. Lah kok bisa? Karena proses pemecahan makanan bisa lebih stabil dan pelepasan energi akan mengikuti pola yang seharusnya. 

Manfaat Puasa Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat puasa sangatlah luar biasa. Bahkan, dunia kedokteran sudah mengetahui hal ini. Dimana pada saat kita berpuasa, tubuh akan lebih maksimal meningkatkan produksi limfosit hingga 10 kali lipat dari biasanya. Hal ini akan sangat baik bagi tubuh sehingga dapat lebih kebal dari serangan berbagai virus penyakit.

Manfaat Puasa Dapat Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Puasa dalam dunia kedokteran juga dikenal sebagai metode detoksifikasi alami yang mampu membersihkan racun didalam tubuh kita, sehingga tubuh akan menjadi lebih bugar dan sehat meski terasa lapar dan haus. Racun yang terisa dari proses metabolisme akibat penggunaan zat kimia pada produk yang kita konsumsi akan dikeluarkan dengan lebih maksimal selama puasa.

Puasa Dapat Mengurangi Kadar Gula Darah

Selama puasa, pemecahan glukosa pada tubuh akan ditingkatkan. Sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang dibutuhkan secara maksimal. Selain itu, ketika cadangan glukosa sudah hampir habis, tubuh akan memecah lemak untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan. Dengan pola makan yang lebih sehat dan teratur selama menjalankan ibadah puasa, berat badan pun akan terkontrol. Bagaimana, manfaat puasa juga baik kan untuk Anda yang ingin diet dan memiliki bentuk tubuh ideal?

Manfaat Puasa Menurunkan Risiko Diabetes Dan Penyakit Jantung

Manfaat puasa juga dapat memberikan kesehatan pada tubuh yang cukup signifikan, bahkan tidak hanya untuk kesehatan jantung kita, terutama bagi mereka yang berpotensi tinggi memiliki risiko diabetes.

Menurut salah satu pakar kesehatan, baik puasa ramadhan dan puasa sunnah yang dijalankan secara rutin dapat menurunkan risiko diabetes dan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Dapat dikatan, puasa yang dikerjakan secara rutin dapat mengurangi risiko diabetes dan mengatasi masalah metabolisme.

Bagaimana? Apakah Anda masih ragu dengan manfaat berpuasa selama bulan Ramadhan? Selain wajib atau diharuskan kepada semua umat muslim yang telah menginjak usia baligh, puasa juga sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat, terutama pada kesehatan metabolisme dan jantung kita.